Konfigurasi DHCP-Server pada debian 8 (jessie)


Hallo semua, bertemu lagi dengan mimin, yaps kali ini mimin akan mengshare sebuah tutorial yang mungkin sangat berguna apalagi buat kalian yang ingin mendalami tentang sysadmin pastinya. Yaps pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menginstal DHCP-Server pada debian server kita sob.

Sebelumnya pastikan Anda telah menginstal windows (versi berapapun) dulu, agar lebih mudah saat proses pengecekkan DHCP-nya. Jika sudah langsung saja kalian lanjut ke tutorialya

1. Pertama kita buat ip dulu.
ketik "nano /etc/network/interfaces"


Maka akan muncul tampilan seperti ini.


2. Di sini kita masukkan IP address kita.


*Ket: Cara mengisinya yaitu
#eth0 (interface adapter yang ingin di kasih IP)
Auto eth0(adapter)
Iface eth0 inet static(karena kita akan menyetting IP secara statik)
Address (IP anda)
Netmask (Subnet anda)
Gateway (gateway IP anda)

Jika sudah tekan CTRL+X untuk meng-save settingan kita.

3. Kemudian ketik “service networking restart” fungsinya untuk merestart network yang kita setting tadi.


4. Jika sudah, sekarang kita setting DHCP nya, untuk menyetting DHCP kita harus menginstall DHCP terlebih dahulu, caranya ketik “apt-get install isc-dhcp-server –y”


Dalam gambar kita di suruh memasukkan DVD 2, sekarang kita masukkan DVD 2 nya dengan cara klik icon CD di kanan bawah Vmware. Kemudian klik connect pada icon CD tersebut (lihat gambar di bawah).



5. Jika sudah sekarang ketikkan “nano /etc/dhcp/dhcpd.conf” .


6. Cari kata “A slightly blablabla”.


7. Hapus pagar(#) dari subnet sampai tutup kurung kurawa.


8. Setting sesuai dengan keinginan Anda. Lebih tepatnya lihat gambar


9. Jika sudah, kemudian kita save. Dan selanjutnya restart dhcp-nya dengan cara ketik “service isc-dhcp-server restart”.


10. Sekarang kita cek apakah settingan kita berhasil atau tidak, caranya buka windows yang telah kita install sebelumnya dan setting IP-nya menjadi DHCP.


Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini.


Tunggu hingga loadingnya selesai. Dan jika kurang puas, sekarang coba kita buka cmd pada windows dan ketikkan perintah “ipconfig /all” jika berhasil, IP anda akan DHCP sendiri sesuai dengan settingan eth1 yang kita DHCP-kan pada debian (Ip eth1 debian saya 3.3.3.1 lihat tutorial no 7).


Jika anda merasa masih pusing dengan tutorial versi gambar, mimin sudah menyiapkan tutorial yang versi videonya nih. Yuks kita simak tutorial videonya di bawah ini.



Nah sampai sini Anda telah berhasil mengkonfigurasikan DHCP-Server. Mungkin cukup sampai di sini dulu tutorial kita kali ini, simak terus Malming.web.id agar terus tahu update-tan terbarunya. Wassallam......

Peraturan berkomentar di blog Malming

1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang menyisipkan url blog/website lain.
3. Tidak mengandung unsur pornografi.
4. Berkomentar serelevan mungkin.
EmoticonEmoticon